Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Visual Basic 6 bagi Pemula Sampai Mahir, Tutorial dan Panduan Super Lengkap ! ...


Halo sobat wasol, kali ini wadah solusi akan menshare tutorial dan panduan lengkap belajar visual Basic - Baik visual Basic 6 ataupun Visual Basic .Net yang terbaru. 

Apa itu Vusal Basic ?
Visual Basic merupakan sebuah bahasa pemograman yang menawarkan tempat  untuk membuat aplikasi yang berbasis sistem operasi microsoft windows. Namun dalam tingkatannya visual basic adalah bahasa paling mudah untuk dipahami oleh orang awam seperti kita-kita. 

Dengan menggunakan Visual Basic 6 kita bisa menghasilkan berbagai macam jenis program. Dari aplikasi yang mengintegrasikan database, jaringan, office automation, dan web application.

Navigasi 
Mengganti Nama Company Project di VB 6 
Mempercantik Form dengan Skin ACTSKIN.OCX 

VB.NET 

Kelebihan & Kekurangan Visual Basic 
Visual basic ini mempunyai bebrapa kelebihan diantaranya :
  1. Bahasa yang sederhana. Banyak hal yang mungkin sulit dilakukan jika kita menggunakan bahasa pemrograman lainnya, akan dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Visual basic.
  2. Karena Visual basic sangat populer, maka sangat banyak sumber-sumber yang dapat kita gunakan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan kau baik berupa buku, web site dll.
  3. Kita bisa memperoleh banyak tools baik gratis maupun tidak di Internet yang akan sangat membantu menghemat waktu kita dalam pemrograman.

Namun disisi lain juga memiliki kelemahan yaitu :
  1. Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang powerful, tetapi sebenarnya tidak terlalu bagus untuk membuat game-game yang benar-benar memuaskan.
  2. Lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman lain.

Tutorial Penggunaan Visual Basic 6
Dalam pembahasan ini anda harus memiliki dulu VB 6, Nah apabila yang sudah punya langsung ajah perhatikan penjelasan-penjelasan berikut : 

Index Tutorial VB 6
Tutorial Membuat Kalkulator Sederhana (VB 6)
Membuat Aplikasi Loading di VB 6 (Mahir VB6) 

Project Baru


Gambar di atas adalah tampilan awal visual basic 6 , apabila anda ingin membuat aplikasi standart bisa dipilih standart .exe. Dan kebanyakan para ahli vb selu menggunakan stansart.exe.

Menu File


Tampilan diatas adalah sub menu dari vb 6 kegunaanya biasa seperti aplikasi windows yang lainnya. misalkan pada file terdapat save porgram, new, open, dll. begitupun yang lainnya. 

Sub Menu
Tampilan diatas adalah sub menu ke 2 dari VB6. Kegunaanya untuk menyiman file juga ada, dan kenbanyakna sama dengan sub menu ke 1.

ToolBar

Tampilan diatas adalah sub menu component-component yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi di visual basic 6. Cara untuk menambahkan componen baru yaitu tinggal klik kanan pada sub menu componen yang kosong lalu masuk pada pemilihan componen. 

Lembar Kerja
Tampilan diatas adalah tampilan lembar kerja pembuatan aplikasi di visual basic. caranya tinggal mendrag suatu componen pada sub menu componen lalu tinggal terapkan pada lembar kerja seperti gambar diatas.

Project Explorer & Properti
Tampilan diatas adalah sebuah tempat untuk memilih form yang digunakan, menambah form, dan juga tempat pengaturan componen-componen yang dibutuhkan.

Untuk Lebih jelasnya Anda bisa mengunjungi halaman kami mengenai pemrograman Visual Basic disini