Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Software Presentasi Terbaik Pengganti Mircosoft Power Point

10Terbaik.com Software - Presentasi adalah kegiatan berbicara di depan orang banyak dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah materi yang dibutuhkan audiens.

Melakukan presentasi banyak sekali digunakan dalam kegiatan perkuliahan, perkantoran, serta dalam kehidupan masyarakat. Contohnya di dalam kantor apabila ada sesuatu yang baru, yang harus diinformasikan kepada karyawan kantor, seorang yang penuh ide harus melakukan penyampaian informasi dengan malakukan presentasi.

Dihubungkan dengan perkembangan teknologi, bahwa melakukan presentasi membutuhkan software pendukung presentasi terbaik. Trend kalangan user indonesia yang hanya terpaku terhadap software windows paket harus segera di kurangi karena pemenuhan kebutuhan di berbagai lembaga atau kantor juga banyak yang menggunakan software selain power point.

Software presentasi yang sering dicari harus memiliki fasilitas penyimpanan cloud serta terkoneksi dengan para audiens dengan mudah. Mudah berkomentar pada slide langsung, serta feedback pemberitahuan bila ada aktifitas dari para audiens. Dari segi gratis dan berbayar tergantung pengguna yang akan memakai aplikasi presentasi. Karakter calon pengguna akan mempengaruhi jenis aplikasi presentasi yang nantinya dipakai.

Yang wajib dilihat dari software presentasi terbaik yaitu harus bisa impor berbagai media. Seperti video, gambar, teks, dan animasi. Dalam artikel ini penulis merangkum dari aplikasi presentasi gratis hingga aplikasi premium. Serta aplikasi presentasi offline dan berbasis online. Untuk pemilihan software terbaik tergantung kebutuhan dan selera pengguna itu sendiri.


Rekomendasi Aplikasi Presentasi Terbaik Selain Mircosoft Power Point

1. Impress - LibreOffice (Android, Windows, MAC & Linux)



Impress adalah aplikasi paket dari libreOffice. Sama halnya dengan powerpoint dari microsoft office. Aplikasi ini mampu menampilkan presentasi serta membuatnya dengan sangat efektif. Impress menciptakan editing yang fleksibel dan modus editing yang berbeda. Modus dari impress sendiri sebagai berikut normal, garis besar, notes, handout, sorter slide, dll.

Impress dapat menambahkan gambar supaya presentasi anda menjadi interaktif. Selain menambahkan gambar dapat juga menghidupkan presentasi dengan menambah efek, slidshow dan animasi sesuai keingina. Untuk jenis dan gaya huruf dimanjakan dengan teks yang beragam. Dengan begitu impress dapat akan dengan mudah ditambahkan berbagai komponen yang diinginkan.

Apakah bisa menggunakan impress di dalam perangkat android anda. Jawabannya iya bisa karena impress kini bisa digunakan di komputer dengan berbagai sistem operasi dan perangkat smartphone android.

2. Prezi (Online)



Prezi software mmerupakan kanvas virtual yang sering disebut board dalam dunia nyata. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menambahkan elemen presentasi berupa gambar, video, pengaturan ZOOM, menambahkan navigasi 2D dan 3D. Pengaturan ZOOM sendiri dapat memudahkan anda dalam melihat materi presentasi dengan jelas. Serta navigasi yang berguna untuk memudahkan pengendalian saat materi saat presentasi. Prezi dibuat pada tahun 2009 oleh 3 orang pintar. Serta tenknologi terbaru menyebutkan bahwa prezi mampu dibuka di browser anda, komputer, iPad, serta iPhone. Yang terpenting adalah mudah digunakan oleh siapa saja.

Kabar baiknya lagi Prezi dapat impor berbagai media file semisal pdf, ppt, jgp, dan format file lainnya. Gimana apabila kita tidak mempunyai waktu banyak dalam membuat presentasi ? Prezi menjawab anda yang memiliki sedikit waktu dengan menyediakan template jadi anda tidak perlu membuatnya dari awal. Membuat presentasi dengan tim anda akan serasa mudah, berkolaborasi secara tim dan waktu pengerjaan bersamaan bisa dilakukan dengan Prezi

3. Slideflight (PC / Online)



Slideflight sudah banyak digunakan para orang-orang penting misal event organizer, dosen, pelaku bisnis, dan mahasiswa. Pada dasarnya slideflight adalah add-in untuk microsoft powerpoint. Penggunaannya cukup dengan klik publikasikan slide presentasi yang dianggap perlu. Anda akan diberi id unik setelah mempublikasikannya. Dengan id unik tersebut maka para audiens dapat melihat presentasi secara realtime dengan berbagai jenis aplikasi. Aplikasi desktop pada laptop, aplikasi mobile berbasis android, tablet, maupun pada web slideflight.

Sering audiens ingin memiliki pegangan secara personal, tidak harus membuka terus aplikasi ini. Maka disediakam fitur ekspor file berupa pdf. Maka para pengguna dapat memiliki file presentasi dan dapat digunakan di perangkat lain. Pengembang aplikasi ini adalah berada di negara jerman. 

4. Beamer (LaTex) (Windows & Linux)


Beamer ini bisa digunakan dalam sistem operasi unix dan windows. Beamer sendiri adalah latex document yang berguna untuk membuat slide presentasi. Aplikasi ini mendukung PDFLatex dan latex document. Lalu kenapa aplikasi disebut beamer, beamer sendiri disebut dengan frame. Namun fitur secara keseluruhan aplikasi ini kebanyakan perintah-perintahnya menggunakan syntac  seperti belajar visual basic menggunakan coding.

Kebanyakan akan merasa aneh menggunakan LaTeX untuk membuat presentasi anda. Namun dengan aplikasi ini presentasi disajikan dalam bentuk halaman, bukan dengan slide seperti kebanyakan software lainnya. Sehingga memudahkan dalam mencetak halaman-perhalaman presentasi anda.

5. Keynote (Mac)



Keynote dirilis dengan 2 versi, versi yang pertama support untuk sistem operasi mac os, sedangkan versi yang kedua support untuk sistem operasi ios. Yang mempunyai jiwa seni tinggi maka software presentasi ini sangatlah cocok. Anda akan disuguhi alat-alat yang dapat mewujudkan presentasi anda menjadi memukau. Seperti biasa dapat menambahkan foto dan video dengan mudah. Transisi tiap gambar yang menyamai slide-slide yang ada di bioskop.

Dirancangan dengan sederhana maka ada dengan mudah memulai sebuah presentasi. Macam-macam grafik menjadi penghias presentasi dengan kualitas tinggi. Dapat mengerjakan presentasi dimana, kapan saja, serta sama siapa saja. Berbagai perangkat apple bisa kerja sama dalam satu proyek. Berbagi presentasi ke semua teman anda lewat media apapun dengan mudahnya.

6. GoAnimate (Online)










Dalam banyak kasus, sebuah, animasi video presentasi informatif adalah cara terbaik untuk menyampaikan pesan Anda. Meskipun tidak ketat software presentasi bisnis, GoAnimate menyediakan Anda dengan alat untuk membuat animasi menonjol sehingga Anda dapat fokus pada narasi. Ini adalah rangkaian lengkap dari aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna membuat presentasi animasi gratis.

GoAnimate adalah platform yang bagus untuk menyajikan ide Anda, dengan berbagai macam tema pra-dibuat, props dan karakter disesuaikan untuk membuat presentasi bisnis profesional. Daripada hanya antri gambar dalam slide, Anda dapat menghasilkan video yang tampak profesional dari awal dalam menit - tanpa menarik apapun atau mengoperasikan kamera. Hanya drag dan drop dari content library luas dan melupakan rekaman atau editing. Kemudian download, berbagi atau mempublikasikan presentasi animasi selesai Anda ke YouTube.

7. SlideRocket (Online)













Sekarang kita bicara high end perangkat lunak presentasi. SlideRocket adalah PowerPoint alternatif premium yang dikemas dengan fitur.

Berikut adalah cara kerjanya: mengimpor presentasi PowerPoint atau mulai dari awal dengan perpustakaan tema. Gambar embed, grafik, video, transisi, efek khusus - yang semuanya dapat disimpan, dicari untuk nanti dan berbagi dengan orang lain. Data Live dari real-time feed online juga dapat tertanam (slide secara otomatis memperbarui dengan informasi terbaru).

Kemampuan tambahan termasuk kontrol versi, kontrol privasi - memutuskan siapa yang dapat melihat, mengedit atau berbagi slide Anda - ditambah metrik untuk melacak siapa yang melihat slideshow, di mana mereka melihat itu, yang mereka telah berbagi dengan yang meluncur mereka melihat dan untuk berapa lama. Presentasi SlideRocket juga HTML5 kompatibel. 

8. CustomShow (Online)



CustomShow hadir sebagai solusi online untuk membantu proses bisnis anda. Sudah terbukti lebih banyak karyawan dan perusahaan menggunakan aplikasi online ini sebagai alat untuk melakukan seminar tentang produk yang akan dijual serta melakukan presentasi terhadap para clientnya. Karenaa setiap perusahaan selalu menuntut keuntungan sebesar-besarnya maka harus ditunjang dengan alat yang mempuni juga. 

Penyimpanan berbasis cloud membuat anda tidak susah menyediakan media penyimpanan lokal dalam rangka melakukan presentasi. Banyak juga pilihan mengenai template yang dimiliki aplikasi online yang satu ini. Membuka file presentasi baik online maupun online dapat dilakukan dengan berbagai platform dengan mudahnya. Apabila kita sudah terdaftar dan mempunyai akun maka dengan mudahnya kita dapat upload presentasi serta impor berbagai hal mengenai presentasi. Sangat cocok untuk pekerjaan marketing, penjualan, lembaga desain, serta profesional intansi. 

9. Slideshark (Online)



SlideShark mampu menyajikan berbagai presentasi termasuk dari powerpoint. Banyak diguanakn oleh profesional penjualan dan para presenter di seluruh dunia. Dapat menyajikan presentasi lewat media yang dipilih sesuai kebutuhan pengguna. Penyimpanan sudah berbasis cloud, dengan mudah anda dapat mengakses presentasi dimana dan kapan saja asal terdapat koneksi internet. 

Modus presenter dengan membuat catatan pada slide, itu sangat dibutuhkan oleh para presenter untuk memudahkan pekerjaannya. Dan dapat langsung menyajikan lewat perangkat i-pad anda. Dapat melakukan broadcast terhadap para audiens lewat berbagai platform. Bagi yang menggunakan aplikasi online di dekstop dapat melihat prilaku para pembaca dengan seksama. 

10. Haiku Deck (Online, iPhone & iPad)




Kebanyakan para pengajar mencari software presentasi yang mudah digunakan. Maka haiku sangat cocok untuk tenaga pengajar dalam mempresentasikan bahasan mengenai pendidikan. Ditunjang dengan banyaknya template pilihan serta elegantnya template membuat para penggunapasti merasa nyaman menggunakannya. Dalam berbagai sumber menyatakan bahwa haiku deck sangat mudah digunakan serta proses onboarfing yang cepat. 

Namun kendala menggunakan haiku deck adalah anda harus selalu terkoneksi internet apabila mengakses aplikasi presentasi online satu ini. Bila tidak mempunyai koneksi inrternet anda tidak dapat menggunakannya. Untuk profesi yang cocok menggunakannya adalah para siswa, tenaga pendidik, dan presenter.