Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengoptimalkan dan Mempercepat Kinerja Google Chrome

Cara Mengoptimalkan dan Mempercepat Kinerja Google Chrome - Google Chrome dewasa ini adalah aplikasi web browser yang paling diminati. Banyak sekali kelebihan dari software ini, diantaranya kecepatan browser yang diatas rata-rata software browser yang lain. Kecepatan aplikasi google chrome tidak lagi istimewa apabila belum menggunakan trik tips mempercepat versi wadah solusi. Dengan daya nafsu manusia yang tidak ingin cepat berpuas diri, membuat orang banyak mencari-cari cara untuk mempercepat kinerja google chrome sendiri. Ibaratkan dengan sebuah sistem operaasi yang menempel pada komputer, google chrome juga sama apabila kebanyakan ekstensi yang menempel pada aplikasi membuat kinerja aplikasi menjadi menurun. Langsung saja tips cara untuk mempercepat kinerja google chrome anda.


Menghapus Data Browser

Untuk masuk pada data browser anda tinggal ketikan alamat berikut pada google chrome anda -> chrome://settings/clearBrowserData

Atau dengan kombinasi tombol seperti berikut : 
CTRL + SHIFT + DEL

Setelah masuk dengan berbagai cara diatas akan tampil jendela baru seperti gambar dibawah.


















Dalam tips ini kita bisa menghapus data dari berbagai waktu, baik dari jam, hari, bulan maupun sepanjang waktu. Serta apa saja yang bisa dihapus dalam jendela ini, diantaranya history, history download, cookies, cached, password, autofill, hosted app data, content licenses.. 


Mematikan Ekstensi

Ekstensi adalah sebuah aplikasi yang bertindih pada aplikasi utama, semua aplikasi browser juga bisa ditanam berbagai ekstensi. Namun dalam rangka meningkat kinerja google chrome anda lebih baik mematikan atau menghapus ekstensi yang tidak berguna. 

Caranya : 

Masuk menu 
Klik setting 
Pilih ekstensions 

atau 

masukan alamat ini -> chrome://extensions/

gambar jendela ekstensions seperti dibawah.













Untuk menghapus atau monaktifkan ekstensions yang tidak berguna tinggal hapus ceklis eneble.



Mematikan Plugin

Plugin pada setiap aplikasi browser pasti sudah menjadi bawaan, namun plugin yang banyak membuat kecepatan google chrome anda akan kurang optimal. Banyak sekali plugin dari setiap browser terkenal. 


Cara masuk : 

Dengan alamat -> chrome://plugins/

Gambar seperti dibawah
























Cara menonaktifkan beberapa plugin tinggal klik disable. 

Dengan cara diatas akan membuat kinerja google chrome menjadi lebih optimal.